Sumber Foto : aladokter.com |
Selain
terkenal akan tradisi, seni dan budayanya, Bali juga dikenal akan keramahan masyarakatnya dengan selalu menjungjung etika. Namun belakangan ini, etika maupun tata susila itu semakin memudar, seperti banyaknya anak membangkang terhadap
orang tuanya, melupakan orang tuanya, saling tikam dengan saudara, saling
mencaci dan kemerosotan moral lainnya. Tidak Bali semata, di wilayah lainnya
juga demikian adanya. Oleh karenanya pendidikan budi pekerti dan juga revolusi mental kian digencarkan oleh pemerintah.
Leluhur
Bali memiliki cara tersendiri dalam mendidik anak-anaknya. Agar penurut, ada keyakinan
masyarakat Bali, makpakang (menguyahkan)
nasi untuk makan sang anak membuat anak menjadi penurut. Masyarakat Bali
percaya akan kemampuhan pees (ludah). Dalam
naskah-naskah Bali, widuh air ludah
sering pula dijadikan sebagai media pengobatan. Kebiasaan orang tua makpakang nasi untuk sang anak, kiranya
sudah jarang ditemui, apalagi untuk ibu-ibu millennial jaman now.
Berkaitan
dengan pendidikan budi pekerti, leluhur masyarakat Bali sebenarnya sudah menerapkan dan sangat
menanamkan betul dalam kehidupannya sehari-hari. Bahkan, pendidikan budi
pekerti ini sudah dilakukan dari anak dalam kandungan. Harapannya tentu bisa
memiliki anak dengan sifat dan prilaku yang baik. Hal ini jelas terlihat dari
naskah lontar tata kramaning wang angamong wong beling. Bagaimana orang tua melaksanakan brata dan pebersihan diri serta sangat
menjaga tingkah laku selama hamil dan tidak diperbolehkan sekali berkata-kata
kasar selama hamil. Hal ini penting kiranya diingat oleh ibu-ibu yang sedang
hamil. Berikut penulis menuliskan sedikit penggalan isi dari naskah lontar tata kramaning angamong wong beling.
Om
awighnamastu nama sidham. Iki ikang tatwa tata kramaning wwang yan sira
angamong wong bling, rikala sang bling aturu sirep, aja sira angungkulin,
anundun, apin sang bling sdengnia pules, kayogain dening sang hyang suksma,
dewa kala sami mayoga, mwang pitara lanang wadon sami mayoga, mangawenin uripe
wong rare, mwang sang hyang merta jiwa, sang hyang prama wisesa, sami ida
mayoga. Malih ring kala masang sembe, sang bling amangan, aja sira anglawatin
nasine wong bling, yan sira ngungkulin, anglawatin, manundun, kneng sapa denira
sang hyang suksma, dewa kala mwang pitara pada manmah, sami pada makarya hala,
meh nglabuhang mati di basang kabebeng, meh lekad ngudayan. Malih wong bling
sdengnia mangan, aja weh ujar pacalatu, tan wenang wehin, ujar hala, sdengnia
mangan irika sang hyang urip maprayoga ring tengahing wong amangan, yan sanak
mwang rabi, aja weh ujar hala, tan sipi ila palania, ika ngawe gring maha bara
palania, ri wkasan tan kapanggih malih, sira sanak mwang arabi, sang hyang kmi
tuwuh, sang hyang matunggu urip tan suka yan mangkana, tur kayiki tan dening
rajah tamah kojarnia, ika margane nora wwang , amjahen rikalane wwange amangan,
aja sira mido linging aksara beddagama iki, tan wus sira anemu hala, poma.
malih hana tata krama
ayu, darmma brata, nga, winarah de sang boddha, mwah yan sira ngamong katon
beling, rikala sukra wage, mwang purnama tilem, mabresih sira sareng setri kakung,
matpung tawar, mahening-hening tur nunas panglukatan ri kamulan, makarya tamba
sarab, panglukatan beling tkaning panubah otot, pangurip manik, mwah mahatma
raksa weda mapanawar upas, mangkana tata kramania, nga, dharma brata, tur ujare
pada rahayu wadon lawan kakung.
0 komentar:
Post a Comment